Sabtu, 28 Mei 2016

Baju Lebaran Keren Untuk Pria Terbaru

Baju Lebaran Keren Untuk Pria ~ memang menjadi salah satu bagian pokok dihari lebaran. Lebaran juga menjadi salah satu even yang menyenangkan bagi umat islam. Betul kan? Betul dong. Pasti kan? Pasti dong. Khususnya pada hari raya idul fitri. 

Baju Lebaran Keren Untuk Pria Terbaru


Selain sebagai acara untuk minal minul berma’af-ma’afan sama keluarga, teman, guru, ada juga hal lain yang sering dilakukan oleh banyak orang. Apa itu?

Ajang tampil lebih cakap dari hari biasanya :D Termasuk aku sih! dan mungkin juga agan/aganwati yang sedang membaca artikel ini.

Jika ditanya mengapa? Kalau aku mungkin akan jawab: Biar ada kesan lebih Wow!! Dari yang melihat. Saudara atau teman yang jarang ketemu, dan apalagi yang liat dari lawan jenis yang lumayanlah hehehe...

Kalau agan gimana? Ya bisa dijawab sendiri. Atau mungkin alasannya sama :P semua itu hanya demi menyandang 1 nama “keren".

Maka dari itu kita bahas seperti apa sih Baju Lebaran Keren Untuk Pria? Untuk Pria, banyak aspek yang menjadi acuan agar bisa dikatakan keren bagi diri dan orang lain. Diantaranya sebagai berikut:

1. Model Baju Lebaran Keren Untuk Pria

Model memang termasuk hal yang perlu diperhatikan. Lebih cocok mana agan pakai model A atau model B? Untuk acara lebaran lebih cocok jika agan mengenakan pakaian berikut:

a. Baju Koko

Tau gak asal-muasal baju koko? Ada yang mengatakan Baju koko adalah salah satu baju adat budaya di daerah china. Diwariskan turun-temurun pada masyarakatnya. Asal bahasa baju koko adalah “Tui-Khim”.

Di indonesia baju tui-khim masih dikenakan oleh masyarakat tionghoa sampai sekarang. Lho dari tui-khim ko’ bisa jadi baju koko? Kenapa?

Ternyata kata koko diambil dari kata engkoh-engkoh yang berarti kakak laki” menurut KBBI. Karena mereka sering memakai baju tui-khim sebagai pakaian sehari-hari.

Dan gimana dengan sejarahnya? Dikatakan juga baju koko datang di indonesia dibawa oleh masyarakat tionghoa. Yang kemudian berbaur dengan pribumi indonesia. Wah, Akrab nih!

Dari hal tersebut terjadilah akulturasi budaya antara masyarakat tionghoa dengan penduduk pribumi. Seperti didaerah betawi, yang secara garis besar penduduknya beragama islam.

Mereka menamai baju tui-khim menjadi baju tikim setelah mereka beradaptasi dengan budaya tersebut.

Baju koko identik dengan even keagamaan islam. Dan termasuk salah satu baju favorit pria saat lebaran. Atau hanya sekedar dikenakan untuk pergi ke masjid.

Baju takwa berbeda dengan baju koko. Karena baju ini tidak diadopsi dari baju tui-khim. Dari apa? Ya bisa dijawab berasal dari pakaian tradisional jawa yang bernama “surjan”.

Walaupun di beberapa daerah menganggap kedua baju ini tidak ada bedanya. Maklum belum tau. Surjan adalah jenis pakaian yang sering dikenakan sehari-hari oleh kaum pria.

Biasaynya bermotif garis-garis vertikal berwarna coklat tua dan coklat muda. Terkadang surjan juga dikenakan saat menghadiri acara-acara resmi adat jawa yang dipadu dengan blangkon dan bebetan. Terkadang juga ada senjata keris dibalik punggung. Oh seram!!

Baju surjan yang masih terlihat asli banyak dijumpai di daerah yogyakarta dan solo.
Sunan Kalijaga adalah revolusioner pertama yang merubah surjan menjadi baju takwa. Yang biasanya berlengan pendek, kemudian beliau menjadikannya lengan panjang.

Dari 9 wali jawa, hanya beliau yang tidak memakai jubah dan surban. Beliau mendesain sendiri bajunya yang kemudian kita kenal dengan istilah baju takwa.

b. Kemeja

Kemeja adala salah satu baju yang lumrah dipakai oleh pria. Selain simpel juga bisa digunakan untuk banyak acara.
 
Tau gak kenapa? Karena kedua model ini terkesan simpel sekaligus resmi. Dan usahakan tidak pakai model baju yang aneh”, agar tidak terlihat aneh dan tetap terlihat elegan.

2. Warna Baju

Warna baju enyesuaikan dengan warna kulit. Untuk agan yang merasa berkulit terang lebih cocok memakai warna baju yang lembut.

Seperti warna putih, biru muda, abu-abu. Dengan alasan agar terlihat lebih menarik. Warna tersebut memberi agan rasa santai, simpel, dan elegan.

Warna yang harus dihindari adalah warna” yang memudar. Seperti warna oranye, kuning. Karena akan memberi kesan kusut.

Bagi yang merasa berkulit gelap, maka lebih cocok jika berpadu dengan warna terang, seperti warna kuning, hijau muda, jingga.

Selain menyesuaikan warna kulit, perlu dierhatikan juga masalah kombinasi warna baju.

3. Bahan Baju

Kenyamanan baju dapat dirasakan dari bahan pembuatnya. Selain itu juga bergantung pada suhu atau cuaca.

Untuk cuaca panas maka bahan yang pas adalah yang dingin dan mudah menyerap keringat. Supaya rasa panas dalam tubuh berkurang.

Dan sebaliknya, untuk cuaca dingin maka yang pas adalah bahan yang dapat memberi rasa hangat pada tubuh.

4. Motif Baju

Untuk kemeja, motif yang lagi trend sekarang dan cocok dikenakan saat lebaran adalah motif kotak” yang tidak beraturan (asimetris). Atau pilih model kemeja polos yang juga cocok untuk lebaran. Jadi terserah agan aja pilih yang mana.

Untuk baju koko, motif yang elegan dan sering digunakan seperti batik, bunga, dll. Dan motif didesain ditempat yang ideal, seperti diarea kerah, saku, dan ujung lengan baju.

Nah itu tadi sekilas pembahasan tentang Baju Lebaran Keren Untuk Pria. Dan yang penting lagi agan harus merasa keren walaupun kata orang sebaliknya. Ya, pura” kerenlah minimal (y)

Sekian dulu dariku. Semoga bermanfaat ya gan! wassalamualaikum.